10 Oct 2023

LOUCA 2023 - Is Very Very Hot

conference

Solo, sangat panas. Mataharinya ada 5. Untung di gedung ada AC-nya

Berkat Pak Yudhi, saya berkesempatan menjadi organizer acara konferensi LOUCA 2023. Tentu dengan wajah yang bingung, dalam hati "Aku harus ngapain ini yah?". Yups ~ akhirnya saya hanya mengikuti alur saja hahaha. Ini benar - benar pengalaman saya mengorganisir acara besar seperti ini, tingkat Asia loh!.

Banyak juga teman teman yang membantu, terutama dari banyak komunitas linux. Wah, ternyata oh ternyata banyak sekali loh komunitas linux, saya saja baru mendengar kalau ada komunitas linux di surakarta! Bahkan di Jogja (tempat kelahiran saya) saja saya belum pernah mendengar ada komunitas linux.

Kesempatan ini memberikan saya bertemu dengan beberapa wajah, komunitas linux Indonesia yang saya tahu. Beberapa orang saya sudah sering mendengar namanya, tapi belum pernah berinteraksi maupun bertemu sebelumnya. Bahkan pertemuan pertama saya dengan Pak Yudhi, ada di konferensi ini. Hahaha.

Tugas yang saya lakukan kebanyakan berkaitan dengan beberapa syarat visa untuk teman - teman pembicara dari luar negara. Pada saat hari H, saya bertugas sebagai operator pada main hall bersama teman baru saya mas Iman (Imanuel) - dari KLAS (Komunitas Linux Arek Surabaya).

Sedang bertugas dengan mas Iman

Pelajaran Baru #

Ini pertama kalinya saya menjadi organizer acara konferensi se-Asia. Gila sih yah, banyak sekali yang harus di persiapkan dan direncanakan matang - matang. Berfikir kritis juga diperlukan, yah namanya berorganisasi.

Ada beberapa key point yang saya ambil, diantaranya :

Favourites Talk #

Hari pertama saya sempat jalan - jalan ke kelas lain, karena masih ada mas Iman, untuk hari kedua sayangnya mas Iman harus kembali. Jadi saya kebanyakan ada di Main Hall. Tapi tetap saja ada beberapa pembicara yang menjadi favorit saya!

Farhan Perdana, ceritanya yang cukup cerdik dalam mengelola bisnis menggunakan teknologi dan teknik sosial media. Pak Farhan ini memang dari mukanya saja sudah nyentrik. Disini pak Farhan membuktikan bahwa, pengetahuan IT bisa digunakan sebagai alat sosial media.

Ariq, disini Pak Ariq menceritakan beberapa manfaat dan kegunaan UBports, sebuah distro Ubuntu yang dapat dijalankan pada gawai gengam!

Franklin Weng, saya cukup tercengang saat Pak Franklin mendemonstrasikan integrasi draw.io dengan LibreOffice yang sangat mudah menggunakan OxOOL. Ini berarti LibreOffice bisa di extensi sesuka hati nantinya! Mungkin weekend nanti saya coba ulik - ulik, nih.

Many many thanks #

Ditutup dengan keringat bercucur, karena solo sangat panas bukan maen. Acara LOUCA 2023 berakhir pada tanggal 8 Oktober 2023. Terimakasih atas bantuan teman - teman, peserta, dan sponsor atas pengalaman ini. Terimakasi atas kesempatanya. Berikut foto bareng bersama wajah - wajah panitia, yang sudah ga sabar menunggu makan malam.

Panitia

Special thanks to our sponsors!


The Document Foundation Canonical Ubuntu